SOAL
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Komunikasi” menurut Frey, Botan, and Kreps, 2000, dilengkapi dengan bahasan mengenai “The Three Terms”.
- Dalam aplikasi komunikasi terdapat 4 (empat) model komunikasi, yang disebut:
- Communication as information transfer
- Communication as shared meaning
- Communication as persuasion
- Communication as community
Jawaban disertai gambar!
- Jelaskan 4 (empat) unsur yang terdapat dalam “Fundamental of communication”
- Jelaskan pernyataan berikut ini : “ Communication is a very fundamental and important aspect of life. Communication study offers an opportunity to combine academic, professional, and personal value.” Disertai contoh.
- Komunikasi bersifat simbolis, transaksional dan menembus ruang dan waktu. Jelaskan ketiga karakteristik komunikasi ini.
JAWABAN
- Menurut (Frey,Botan, dan Kreps 2000) Komunikasi adalah proses mengolah pesan untuk mencapai makna.
→ maksudnya
adalah disini komunikator membuat pesan dan mengelolanya menggunakan kode
verbal maupun non verbal sehingga tercipta suatu pesan/ yang dapat dimengerti
oleh komunikan dan mencapai suat kesamaan makna antara komunikan dan
komunikator sehingga tercipta sebuah komunikasi yang baik.
The Three Key
Terms:
a.) Pesan
→ adalah sebuah informasi yang akan
disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dalam bentuk simbolik verbal
dan non verbal.
- Kode Verbal
→ Kode verbal
diartikan sebagai bahasa. Bahasa diartikan sebagai sebuah rangkaian kata yang
disusun secara sistematis hingga menjadi sebuah kalimat yang mengandung makna
yang dapat dipahami oleh si penerima.
Contoh: misalnya
kita adalah orang jawa asli kemudian dalam sebuah diskusi umum yang anggotanya
adalah orang-orang dari berbagai daerah, maka untuk mencapai kesamaan makna
yang dapat dipahami bersama maka kita harus menggunakan bahasa Indonesia karena
bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang pastinya dimengerti oleh
seluruh penduduk Indonesia.
- Kode Non Verbal
→ adalah
diartikan sebagai bahasa isyarat atau yang lebih dikenal dengan bahasa tubuh (body language), biasanya digunakan untuk
menunjukan perasaan dan emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata.
Contoh: misalnya
saja pada saat kita sedang berpidato, secara tidak sadar tangan kita pun ikut
bergerak seolah-olah ingin mengutarakan sesuatu.
b.)Managing
→ adalah
kegiatan menangani dan mengawasi proses dari pembuatan, penerimaan, dan
tanggapan yang dihasilkan dari suatu pesan, dimana kita mengelola simbol verbal
dan non verbal sehingga tercipta suatu pesan yang dapat dimengerti oleh si
penerima.
c.)
Meaning
→ adalah
mengarahkan tentang pemahaman dan penafsiran sesorang tentang pesan yang
disampaikan, apakah pesan yang disampaikan itu dapat dipahami atau bahkan tidak
bisa dipahami oleh si penerima, untuk itu dibutuhkan kesamaan makna untuk saling
memahami suatu pesan.
Contoh: Dalam
bahasa Jawa kata “Atos” artinya keras, sedangkan dalam bahasa sunda kata “
atos” artinya selesai. Untuk mencapai kesamaan makna tersebut maka antara komunikan dan komunikator harus saling
berinteraksi dan saling menjelaskan arti makna dari kata tersebut.
- Model Komunikasi telah berevolusi selama abad terakhir, dan dibagi menjadi 4 yaitu:
a.) Communicatin as information transfer
→ Komunikasi sebagai transfer informasi
maksudnya adalah komunikasi digunakan untuk mentransfer sebuah informasi kepada
komunikan (penerima) dimana komunikasi itu dapat disampaikan melalui media
komunikasi seperti radio, televisi, koran, dll. Komunikasi model transfer ini
juga disebut dengan komunikasi linier dan menekankan saluran elektronik sebagai
alat untuk menstransfer informasi kepada si penerima dan juga menetapkan noise
sebagai unsur terpenting yang menyebabkan kegagalan transfer informasi kepada penerima
pesan. Model ini juga cenderung memiliki sifat satu arah( linier) serta terlalu
menetapkan peranan sumber dan media.
Contoh: disaat
kita sedang menonton televisi kemudian banyak bunyi berisik di televisi
tersebut sehingga menyebabkan kita sulit untuk menerima informasi dengan baik.
c.) Communicatin as sharing meaning
→ maksudnya
adalah komunikasi sebagai makna bersama artinya komunikasi digunakan untuk
saling berbagi makna demi mencapai kesamaan makna dari suatu pesan. Komunikasi
untuk saling berbagi ini digunakan sebagai alternatif dari model komunikasi
treansfer informasi yang lebih menekankan pada komunikasi satu arah, sedangkan comunication sharing meaning lebih
menganggap bahwa komunikasi itu saling beriringan satu sama lain baik dari
sumber ke penerima atau penerima ke sumber, dan hasil dari komunikasi sebagai
makna bersama ini adalah setiap orang dapat memahami orang lain dan
bersama-sama menyetujui makna dari sebuah pesan.
Komunikasi
sebagai makna bersama ini terdapat 2 model yaitu:
- Model intraktif
→ adalah melihat komunikasi untuk saling bebagi
makna dan menambahkan umpan balik yang menghubungkan penerima ke sumber.
- Model transaksional
→ model ini
berpendapat bahwa interaksi antara penerima dan pengirim pesan terjadi secara
bersamaan. Komunikasi dikatakan efektif apabila terjadi transaksi antara
pengirim dan penerima pesan yang dilakukan oleh 2 partisipan.
d.) Communicatin as persuasion
→
komunikasi sebagai pesuasi maksudnya
adalah komunikasi yang digunakan sebagai ajakan, memberi pengaruh dan
meyakinkan seseorang untuk mengikuti pendapat/akajan kita (sumber). Ajakan
tersebut bisa dilakukan lewat tatap muka langsung atau bisa melalui media
elektronik seperti televisi,radio,koran,brosur,spanduk.
Contoh:
seseorang pembuat iklan suatu produk di televisi akan membuat iklan tersebut
sedemikian menariknya agar penonton yang melihatnya tertarik untuk membeli
produk tersebut.
e.) Communicatin as community
→ komunikasi
sebuah komunitas maksudnya adalah komunikasi digunakan untuk menciptakan sebuah
komunitas/kelompok/organisasi di masyarakat. Komunikasi menembus lingkungan
kita dan menciptakan berbagai komunitas.
Contoh: misalnya kita adalah
penggemar dari drama korea ,
kita pastinya akan mencari seseorang yang juga menggemari hal tersebut, melalui
komunikasi yang kita lakukan lalu kita menemukan orang yang sama seperti kita
dan akhirnya membentuk suatu komunitas penyuka drama korea .
- Fundamental
of communication:
a.) Communication is a process
→ komunikasi
dipandang sebagai sebuah proses artinya komunikasi adalah sesuatu kegiatan yang
berlangsung secara dinamis (selalu berubah) dimana unsur-unsur yang ada
didalamnya bergerak secara aktif dan tidak statis (tetap).
Contoh: melihat
konteks komunikasi interpersonal( 2 orang/lebih) menunjukan adanya suatu
kegiatan pengiriman pesan dari source ke receiver.
b.)
Communication is
essential to individuals,relationships, group, organization and societies.
→
maksudnya adalah komunikasi adalah pintu untuk kita menuju ke dunia yang lebih
luas, dimana kita dapat berinteraksi dan membentuk suatu hubungan/kelompok
dengan orang lain dengan melalui media komunikasi seperti
komputer,internet,tv,radio,dll dan bisa memenuhi kebutuhan kita untuk
berkomunikasi lebih luas.
Contoh:
kita dapat memperluas hubungan/ membentuk sebuah organisasi dengan orang lain
melalui media sosial seperti facebook dan twetter.
c.) Communication involves responding to and
creating messages
→
maksudnya adalah didalam komunikasi terdapat sebuah proses membuat pesan yang
kemudian ditanggapi oleh si penerima pesan. Pesan yang dimaksud dalam proses
komunikasi adalah suatu informasi yang disampaikan oleh sumber kepada penerima
baik secara tatap muka ataupun melalui media komunikasi, dan melalui pengolahan
pesan ini kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan orang lain.
d.) Communication involves relating to the
environment and other people
→ maksudnya adalah komunikasi diciptakan agar kita
bisa berhubungan dengan
orang lain dan lingkugan kita, sehingga tejalin sebuah kebersamaan dalam
kehidupan sehari-hari.
- “Communication is a very fundamental and important aspect of life. Communication study offers an opportunity to combine academic, professional, and personal value.”
→ maksudnya adalah komunikasi
merupakan aspek yang sangat penting untuk
kehidupan kita karena komunikasi menawarkan kita untuk berkesempatan
menggabungkan nilai akademik, profesional dan nilai pribadi dalam praktek
komunikasi itu sendiri.
a.) Academic Value
→ komunikasi
merupakan suatu ilmu sehingga kitapun mempelajarinya. Dalam nilai akademik yang
dipelajari adalah bahwa komunikasi itu bersifat interdisipliner yang artinya
sifat dari komunikasi itu tidak dapat berdiri sendiri sehingga membutuhkan ilmu
lain seperti ilmu sosial, ilmu psikologi.
Contoh: ilmu
sosial mempelajari tentang kehidupan di masyarakat.
Ilmu psilology mempejari tentang kejiwaan seseorang. Kedua ilmu tesebut
sangat mendukung dari ilmu komunikasi.
b.) Professional Value
→ kemampuan
untuk memahami sifat dari komunikasi itu sendiri, sehingga mampu berkomunikasi
dengan baik dan dapat bekerja sama dengan orang lain, dan mampu membina
hubungan interpersonal dalam sebuah organisasi.
Contoh:
seseorang dalam dunia kerja dituntut untuk bisa melakukan pekerjaannya dengan
baik, untuk mencapai itu semua tentunya kita harus menjaga hubungan antar
sesama rekan kerja dan tentunya menggunakan bahasa komunikasi yang baik pula
sesuai dengan status kita sebagai pekerja hingga akhirnya tercipta tujuan yang
diinginkan bersama.
c.) Personal Value
→ kemampuan untuk memahami
lingkungan disekitar kita. Semakin kita memahami komunikasi maka semakin mudah
pula untuk kita menangani situasi yang kita hadapi, sehingga dibutuhkan
kemampuan pribadi untuk mengatasi situasi dalam komunikasi.
Contoh: dalam sebuah seminar anda
berperan sebagai pembicaranya, dan setelah beberapa lama seminar berlangsung
banyak audiens yang mengantuk, untuk menghadapi situasi ini dibutuhkan
kepandaian untu mengatasinya misalnya dengan menyelipkan candaan dalam bahasan
seminarnya sehingga membuat audiens tidak jenuh.
- karakteristik
komunikasi:
a.) komunikasi bersifat simbolis
→ simbol merupakan hasil kreasi manusia dan
sekaligus menujukan tingginya kualitas budaya manusia dalam berkomunikasi
dengan sesamanya. (buku pengantar ilmu
komunikasi hal 50).
Simbol dalam komunikasi digunakan untuk menunjukan
sesuatu makna atau arti yang telah disepakati bersama. Simbol/ lambang bisa
diungkapkan dalam 2 bentuk yaitu:
- verbal→ dengan kata-kata
- non verbal→ dengan tanda (lambang) atau isyarat
contoh:
rambu-rambu dijalan raya
menunjukan arah jalan.
Saat langit terlihat gelap maka seseorang akan memahaminya bahwa akan
turun hujan.
b.) Komunikasi bersifat
transaksional
→ artinya
didalam komunikasi terdapat proses penyatuan encoding (pengirim) dan decoding
(penerima), keduanya terjadi secara bersamaan dan tidak bergantian, terjadi
antara 2 partisipan komunikasi yang saling bertransaksi informasi dan keduanya
mempunyai persamaan dan perbedaan.
c.) Komunikasi menembus ruang dan
waktu
→ komunikasi
menembus ruang dan waktu ini maksudnya adalah interaksi dalam komunikasi itu
melibatkan situasi ruang dan waktu. Dalam prosesnya saat ingin mengungkapkan
suatu informasi seseorang harus melihat situasi dan kondisi pada saat itu, jika
ruang dan waktu itu tidak memungkinkan untuk menyapaikan suatu informasi maka
akan terjadi kegagalan dalam berkomunikasi.
Contoh: misalnya
saat kita ingin meminta uang kepada ayah untuk acara kegiatan sekolah, kita
harus melihat situasi ruang dan waktu pada saat itu, jika misalnya saat itu
kondisi ayah sedang lelah/capek maka ditunda saja untuk memberitahukan kepada
sang ayah, tunggu hingga sang ayah dalam kondisi yang baik dan dalam waktu yang
tidak sibuk maka dengan begitu akan tercipta kondisi yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
- Handout pengantar ilmu komunikasi dari Ibu Evi
- Cangara, Hafied,Msi.Dr.H.2006.pengantar ilmu komunikasi.Jakarta:PT Grafindo
- L Tubbs steward and moss, sylvia.2003.Human communication.bandung:PT remaja rosdakarya.
- alo, liliweri.2009.dasar-dasar komunikasi kesehatan.Yogyakarta:PT putaka pelajar.
- Mulyana, deddy.2010.ilmu komunikasi suatu pengantar.Bandung: PT. Remaja rosdakarya
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
BalasHapushanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
BalasHapusPromo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^