2014-01-21

Pengantar Ilmu Komunikasi


SOAL

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Komunikasi” menurut Frey, Botan, and Kreps, 2000, dilengkapi dengan bahasan mengenai “The Three Terms”.
  2. Dalam aplikasi komunikasi terdapat 4 (empat) model komunikasi, yang disebut:
    1. Communication as information transfer
    2. Communication as shared meaning
    3. Communication as persuasion
    4. Communication as community
Jawaban disertai gambar!
  1. Jelaskan 4 (empat) unsur yang terdapat dalam “Fundamental of communication”
  2. Jelaskan pernyataan berikut ini : “ Communication is a very fundamental and important aspect of life. Communication study offers an opportunity to combine academic, professional, and personal value.” Disertai contoh.
  3. Komunikasi bersifat simbolis, transaksional dan menembus ruang dan waktu. Jelaskan ketiga karakteristik komunikasi ini.

JAWABAN

  1. Menurut (Frey,Botan, dan Kreps 2000) Komunikasi adalah proses mengolah pesan untuk mencapai makna.
→ maksudnya adalah disini komunikator membuat pesan dan mengelolanya menggunakan kode verbal maupun non verbal sehingga tercipta suatu pesan/ yang dapat dimengerti oleh komunikan dan mencapai suat kesamaan makna antara komunikan dan komunikator sehingga tercipta sebuah komunikasi yang baik.

The Three Key Terms:
            a.)  Pesan
                  → adalah sebuah informasi yang akan disampaikan oleh komunikator kepada       komunikan dalam bentuk simbolik verbal dan non verbal.
  • Kode Verbal
→ Kode verbal diartikan sebagai bahasa. Bahasa diartikan sebagai sebuah rangkaian kata yang disusun secara sistematis hingga menjadi sebuah kalimat yang mengandung makna yang dapat dipahami oleh si penerima.
Contoh: misalnya kita adalah orang jawa asli kemudian dalam sebuah diskusi umum yang anggotanya adalah orang-orang dari berbagai daerah, maka untuk mencapai kesamaan makna yang dapat dipahami bersama maka kita harus menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang pastinya dimengerti oleh seluruh penduduk Indonesia.
  • Kode Non Verbal
→ adalah diartikan sebagai bahasa isyarat atau yang lebih dikenal dengan bahasa tubuh (body language), biasanya digunakan untuk menunjukan perasaan dan emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata.
Contoh: misalnya saja pada saat kita sedang berpidato, secara tidak sadar tangan kita pun ikut bergerak seolah-olah ingin mengutarakan sesuatu.



b.)Managing
→ adalah kegiatan menangani dan mengawasi proses dari pembuatan, penerimaan, dan tanggapan yang dihasilkan dari suatu pesan, dimana kita mengelola simbol verbal dan non verbal sehingga tercipta suatu pesan yang dapat dimengerti oleh si penerima.

c.)    Meaning
→ adalah mengarahkan tentang pemahaman dan penafsiran sesorang tentang pesan yang disampaikan, apakah pesan yang disampaikan itu dapat dipahami atau bahkan tidak bisa dipahami oleh si penerima, untuk itu dibutuhkan kesamaan makna untuk saling memahami suatu pesan.
Contoh: Dalam bahasa Jawa kata “Atos” artinya keras, sedangkan dalam bahasa sunda kata “ atos” artinya selesai. Untuk mencapai kesamaan makna tersebut maka  antara komunikan dan komunikator harus saling berinteraksi dan saling menjelaskan arti makna dari kata tersebut.

  1. Model Komunikasi telah berevolusi selama abad terakhir, dan dibagi menjadi 4 yaitu:
a.)    Communicatin as information transfer
→  Komunikasi sebagai transfer informasi maksudnya adalah komunikasi digunakan untuk mentransfer sebuah informasi kepada komunikan (penerima) dimana komunikasi itu dapat disampaikan melalui media komunikasi seperti radio, televisi, koran, dll. Komunikasi model transfer ini juga disebut dengan komunikasi linier dan menekankan saluran elektronik sebagai alat untuk menstransfer informasi kepada si penerima dan juga menetapkan noise sebagai unsur terpenting yang menyebabkan kegagalan transfer informasi kepada penerima pesan. Model ini juga cenderung memiliki sifat satu arah( linier) serta terlalu menetapkan peranan sumber dan media.
Contoh: disaat kita sedang menonton televisi kemudian banyak bunyi berisik di televisi tersebut sehingga menyebabkan kita sulit untuk menerima informasi dengan baik.


c.)    Communicatin as sharing meaning
→ maksudnya adalah komunikasi sebagai makna bersama artinya komunikasi digunakan untuk saling berbagi makna demi mencapai kesamaan makna dari suatu pesan. Komunikasi untuk saling berbagi ini digunakan sebagai alternatif dari model komunikasi treansfer informasi yang lebih menekankan pada komunikasi satu arah, sedangkan comunication sharing meaning lebih menganggap bahwa komunikasi itu saling beriringan satu sama lain baik dari sumber ke penerima atau penerima ke sumber, dan hasil dari komunikasi sebagai makna bersama ini adalah setiap orang dapat memahami orang lain dan bersama-sama menyetujui makna dari sebuah pesan.
Komunikasi sebagai makna bersama ini terdapat 2 model yaitu:
  • Model intraktif
→  adalah melihat komunikasi untuk saling bebagi makna dan menambahkan umpan balik yang menghubungkan penerima ke sumber.

  • Model transaksional
→ model ini berpendapat bahwa interaksi antara penerima dan pengirim pesan terjadi secara bersamaan. Komunikasi dikatakan efektif apabila terjadi transaksi antara pengirim dan penerima pesan yang dilakukan oleh 2 partisipan.

d.)   Communicatin as persuasion
→ komunikasi  sebagai pesuasi maksudnya adalah komunikasi yang digunakan sebagai ajakan, memberi pengaruh dan meyakinkan seseorang untuk mengikuti pendapat/akajan kita (sumber). Ajakan tersebut bisa dilakukan lewat tatap muka langsung atau bisa melalui media elektronik seperti televisi,radio,koran,brosur,spanduk.
Contoh: seseorang pembuat iklan suatu produk di televisi akan membuat iklan tersebut sedemikian menariknya agar penonton yang melihatnya tertarik untuk membeli produk tersebut.

e.)    Communicatin as community
→ komunikasi sebuah komunitas maksudnya adalah komunikasi digunakan untuk menciptakan sebuah komunitas/kelompok/organisasi di masyarakat. Komunikasi menembus lingkungan kita dan menciptakan berbagai komunitas.
Contoh: misalnya kita adalah penggemar dari drama korea, kita pastinya akan mencari seseorang yang juga menggemari hal tersebut, melalui komunikasi yang kita lakukan lalu kita menemukan orang yang sama seperti kita dan akhirnya membentuk suatu komunitas penyuka drama korea.

  1. Fundamental of communication:
a.)    Communication is a process
→ komunikasi dipandang sebagai sebuah proses artinya komunikasi adalah sesuatu kegiatan yang berlangsung secara dinamis (selalu berubah) dimana unsur-unsur yang ada didalamnya bergerak secara aktif dan tidak statis (tetap).
Contoh: melihat konteks komunikasi interpersonal( 2 orang/lebih) menunjukan adanya suatu kegiatan pengiriman pesan dari source ke receiver.

b.)    Communication is essential to individuals,relationships, group, organization and societies.
→ maksudnya adalah komunikasi adalah pintu untuk kita menuju ke dunia yang lebih luas, dimana kita dapat berinteraksi dan membentuk suatu hubungan/kelompok dengan orang lain dengan melalui media komunikasi seperti komputer,internet,tv,radio,dll dan bisa memenuhi kebutuhan kita untuk berkomunikasi lebih luas.
Contoh: kita dapat memperluas hubungan/ membentuk sebuah organisasi dengan orang lain melalui media sosial seperti facebook dan twetter.

c.)    Communication involves responding to and creating messages
→ maksudnya adalah didalam komunikasi terdapat sebuah proses membuat pesan yang kemudian ditanggapi oleh si penerima pesan. Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah suatu informasi yang disampaikan oleh sumber kepada penerima baik secara tatap muka ataupun melalui media komunikasi, dan melalui pengolahan pesan ini kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan orang lain.




d.)   Communication involves relating to the environment and other people
→ maksudnya adalah komunikasi diciptakan agar kita bisa berhubungan               dengan orang lain dan lingkugan kita, sehingga tejalin sebuah kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.


  1. “Communication is a very fundamental and important aspect of life. Communication study offers an opportunity to combine academic, professional, and personal value.”
         → maksudnya adalah komunikasi merupakan aspek yang sangat penting untuk    kehidupan kita karena komunikasi menawarkan kita untuk berkesempatan menggabungkan nilai akademik, profesional dan nilai pribadi dalam praktek komunikasi itu sendiri.

a.) Academic Value
→ komunikasi merupakan suatu ilmu sehingga kitapun mempelajarinya. Dalam nilai akademik yang dipelajari adalah bahwa komunikasi itu bersifat interdisipliner yang artinya sifat dari komunikasi itu tidak dapat berdiri sendiri sehingga membutuhkan ilmu lain seperti ilmu sosial, ilmu psikologi.
Contoh: ilmu sosial mempelajari tentang kehidupan di masyarakat.
              Ilmu psilology mempejari tentang kejiwaan seseorang. Kedua ilmu tesebut sangat mendukung dari ilmu komunikasi.

b.) Professional Value
→ kemampuan untuk memahami sifat dari komunikasi itu sendiri, sehingga mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat bekerja sama dengan orang lain, dan mampu membina hubungan interpersonal dalam sebuah organisasi.
Contoh: seseorang dalam dunia kerja dituntut untuk bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, untuk mencapai itu semua tentunya kita harus menjaga hubungan antar sesama rekan kerja dan tentunya menggunakan bahasa komunikasi yang baik pula sesuai dengan status kita sebagai pekerja hingga akhirnya tercipta tujuan yang diinginkan bersama.

c.) Personal Value
→ kemampuan untuk memahami lingkungan disekitar kita. Semakin kita memahami komunikasi maka semakin mudah pula untuk kita menangani situasi yang kita hadapi, sehingga dibutuhkan kemampuan pribadi untuk mengatasi situasi dalam komunikasi.
Contoh: dalam sebuah seminar anda berperan sebagai pembicaranya, dan setelah beberapa lama seminar berlangsung banyak audiens yang mengantuk, untuk menghadapi situasi ini dibutuhkan kepandaian untu mengatasinya misalnya dengan menyelipkan candaan dalam bahasan seminarnya sehingga membuat audiens tidak jenuh.


  1. karakteristik komunikasi:
a.)    komunikasi bersifat simbolis
→ simbol merupakan hasil kreasi manusia dan sekaligus menujukan tingginya kualitas budaya manusia dalam berkomunikasi dengan sesamanya. (buku pengantar ilmu komunikasi hal 50).
Simbol dalam komunikasi digunakan untuk menunjukan sesuatu makna atau arti yang telah disepakati bersama. Simbol/ lambang bisa diungkapkan dalam 2 bentuk yaitu:
  • verbal→ dengan kata-kata
  • non verbal→ dengan tanda (lambang) atau isyarat
contoh:
 rambu-rambu dijalan raya menunjukan arah jalan.
Saat langit terlihat gelap maka seseorang akan memahaminya bahwa akan turun hujan.

b.) Komunikasi bersifat transaksional
→ artinya didalam komunikasi terdapat proses penyatuan encoding (pengirim) dan decoding (penerima), keduanya terjadi secara bersamaan dan tidak bergantian, terjadi antara 2 partisipan komunikasi yang saling bertransaksi informasi dan keduanya mempunyai persamaan dan perbedaan.

c.) Komunikasi menembus ruang dan waktu
→ komunikasi menembus ruang dan waktu ini maksudnya adalah interaksi dalam komunikasi itu melibatkan situasi ruang dan waktu. Dalam prosesnya saat ingin mengungkapkan suatu informasi seseorang harus melihat situasi dan kondisi pada saat itu, jika ruang dan waktu itu tidak memungkinkan untuk menyapaikan suatu informasi maka akan terjadi kegagalan dalam berkomunikasi.
Contoh: misalnya saat kita ingin meminta uang kepada ayah untuk acara kegiatan sekolah, kita harus melihat situasi ruang dan waktu pada saat itu, jika misalnya saat itu kondisi ayah sedang lelah/capek maka ditunda saja untuk memberitahukan kepada sang ayah, tunggu hingga sang ayah dalam kondisi yang baik dan dalam waktu yang tidak sibuk maka dengan begitu akan tercipta kondisi yang baik.


DAFTAR PUSTAKA


  1. Handout pengantar ilmu komunikasi dari Ibu Evi
  2. Cangara, Hafied,Msi.Dr.H.2006.pengantar ilmu komunikasi.Jakarta:PT Grafindo
  3. L Tubbs steward and moss, sylvia.2003.Human communication.bandung:PT remaja rosdakarya.
  4. alo, liliweri.2009.dasar-dasar komunikasi kesehatan.Yogyakarta:PT putaka pelajar.
  5. Mulyana, deddy.2010.ilmu komunikasi suatu pengantar.Bandung: PT. Remaja rosdakarya

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus