2014-01-21

Bisnis Plan "Paint Shop"

PLANING USAHA SEPATU LUKIS ( PAINT SHOP )
            Sepatu saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat di pungkiri lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan orang pasti akan merasa kesusahan jika tidak memiliki sepatu, bagaimana tidak, karena sepatu merupakan pelengkap busana dalam suatu kondisi di mana kita perlu memakainya. Model sepatu saat ini sangat banyak sekali macamnya, mulai dari yang bertali maupun yang tinggal pakai, mulai yang cocok untuk pergi ke kantor maupun yang cocok untuk pergi ke sekolah dsb. Untuk itu saya berinisiatif untuk membuat usaha sepatu lukis karena melihat peluang usaha ini begitu sangat menarik perhatian. Dewasa ini para remaja khususnya cenderung ingin tampil “berbeda” dengan yang lainDengan sepatu hasil lukisan tangan ini dapat memenuhi mewujudkan keinginan berupa “kreasi dan imajinasi” konsumen atas barang-barang yang dikenakannya.

Untuk dapat mewujudkan usaha sepatu lukis ini maka hal-hal yang harus saya persiapan adalah analisis pasar / konsep bisnis :
       I.            Produk yang dihasilkan
            Produk jasa yang di hasilkan adalah sepatu lukis untuk kalangan remaja. Sepatu lukis merupakan dasar dari sepatu tak bertali yang berwarna putih polos yang akan kita lukis sesuai dengan pesanan. Bisa berupa lukisan kartun, karikatur, kaligrafi dll. Sepatu lukis ”paint shop” memiliki berbagai macam pilihan motif lukisan, namun pelanggan juga dapat memesan lukisan sesuai selera. Model sepatu sangat cocok untuk kalangan remaja, cocok untuk di pakai, untuk kuliah, untuk pergi bersama teman-teman dll. Bahan yang digunakanpun lembut, sehingga tidak membuat lecet pada kaki.

    II.            Gambaran Pasar
            Sepatu lukis masih sangat jarang kita jumpai saat ini, untuk itu kita berinisiatif untuk menciptakan sepatu lukis agar menjadi populer di kalangan remaja. Dengan produksi sepatu lukis yang unik dan masih jarang dijumpai, maka kita yakin usaha ini memiliki peluang yang tinggi. Apalagi didukung dengan karya yang tidak mengecewakan dari kualitas produk kami.

 III.            Target pasar yang dituju
        Untuk menawarkan produk sepatu lukis yang kisarannya masih jarang di jumpai dimasyarakat maka untuk itu saya akan produk tersebut ke sekitar kampus Universitas Diponegoro di tembalang dan daerah sekitarnya. Tidak hanya menyebarkan brosur tapi saya juga akan membuka layanan lewat online di facebook dan twitter.

 IV.            Strategi pemasaran
               Mengingat banyak sekali model sepatu saat ini yang sangat menarik maka untuk memberikan inovasi baru dan membedakan dengan penguasa sepatu lainnya , saya akan memberikan nuansa berbeda dari motif lukisan yang akan kita goreskan di sepatu tersebut. ika pengusaha lainnya melukis motif kartun dan bunga serta logo, maka sepatu lukis saya akan menambahkan nama konsumen atau inisial konsumen atau pesan konsumen apa saja yang dia mau untuk dilukis didalam sepatu pesanannya. Menampilkan motif-motif yang sedang digemari masyarakat saat ini. Dikarenakan saat ini masih booming dengan pengaruh korea-korea, maka saya akan menawarkan gambar-gambar khusus seperti kartun boyband dan girld bang korea yang saat ini sedang digemari masyarakat khususnya remaja.

    V.            Antisipasi resiko usaha
               Saya akan mengantisipasi dan akan mencari cara untuk menghadapi hambatan-hambatan yang mungkin akan saya temui. Seperti…

 VI.            Rencana Produksi
Untuk mendukung usaha “ paint shop “ maka persiapan yang harus saya lakukan adalah :
1.      Mencari dan menyewa tempat strategis untuk dijadikan sebagai toko.
Lokasi usaha ini akan saya tempatkan di dekat kampus undip tembalang yang strategis, tepatnya di kawasan ruko BQ. Square di jalan Banjarsari no 1 Tembalang.
2.      Menyiapkan bahan baku berupa sepatu dari bahan kanvas, dengan berbagai macam model (mis. model sepatu pantovel,tali dsb ) dan berbagai ukuran.
Untuk mendapatkan bahan baku ini saya akan bekerja sama dengan pedagang pemasok sepatu putih polos dengan berbagai macam model dan ukuran.
3.      Menyiapakan satu set perlengkapan melukis (umumnya digunakan cat akrilik karena tidak mudah luntur) beserta kuas dan palet.
4.      Menyiapkan berbagai macam contoh desain gambar hasil kreasi sendiri ataupun referensi dari internet atau buku dan majalah.
5.      Menyiapkan perlengkapan untuk menaruh sepatu lukis seperti rak pajangan
6.      Merekrut pegawai sebagai pelukis

VII.            Cara Kerja
Setelah semua bahan dan alat kerja lengkap, maka proses melukis bisa dilaksanakan.
·         Mula-mula sepatu kanvas putih polos digambar sesuai design sepatu yang konsumen kehendaki dengan memakai pensil.
·         Setelah desain selesai dibuat, sepatu dicat atau diwarnai. Jangan lupa, pinggiran gambar dipertebal atau dibordir dengan spidol kain.
·         setelah cat kering, sepatu disetrika. Agar tak rusak, sepatu harus dialasi kain. Buat mengerjakan semua proses itu, dibutuhkan waktu dua hari.
·         Tentu saja harga sepatu garapan berbeda, tergantung model dan kerumitannya. Model nya beragam mulai dari flat slip on, flat tali, vans, hingga converse untuk pria.

VIII.            Harga Sepatu
1.      Harga sepatu akan saya bedakan menjadi 3 level harga, yaitu :
Rp 75.000- Rp 80.000 untuk sepasang sepatu kanvas bergambar simpel garis dan bulat.
2.      Rp 80.000-Rp 100.000 buat sepatu bergambar orang, boneka atau tokoh kartun.
3.      Rp 100.000 – Rp 125.00 untuk sepatu edisi khusus dengan desain bergambar banyak, runut, dan kecil-kecil.







2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus