2013-05-04

SEJARAH DAN PERMULAAN PENGEMBANGAN MANAJEMEN




I.                  Manajemen Ilmiah

  1. Tokoh: Robert Owen (1771-1858)
Kontribusi:
Robert Owen adalah seorang manajer pada pabrik pemintal kapas di New Lanarls, Skotlandia. Pengalamannya dalam memimpin bawahan dibawah umur menyenntuh hatinya untuk menyediakan perumahan yang layak bagi bawahan. Bukan Cuma itu saja, dia juga melakukan usaha lainnya seperti menyediakan kebutuhan rumah tangga bagi para bawahan dengan harga yang relative rendah daripada harga pasar. Selain itu Owen juga melakukan mekanisme kerja spesifik yang mampu   memberi dampak meningkatkan produktifitas, dia juga melakukan penilaian terhadap bawahan secara terbuka setiap hari sehingga memungkinkan para manajer mengetahui letak permasalahannya tetapi juga memberikan kebanggaan dan mendorong kompetisi yang sehat.



  1. Tokoh:Charles Babbage (1792-1871)
Kontribusi:
Keyakinan Babbage bahwa aplikasi prinsip ilmiah pada proses kerja akan meningkatkan produktivitas dan menekan biaya. Prinsip pembagian kerja merupakan karya Babbage, dia berkeyakinan bahwa setiap pekerjaan dalam pabrik harus dipecah sehingga berbagai keterampilan yang terlibat dapat dipisahkan. Setiap bawahan dididik dengan satu keterampilan spesifik dan hanya diberikan tanggung jawab dari sebagian proses. Dengan cara ini memungkinkan berkurangnya biaya pendidikan yang mahal. Selain itru, dengan seringnya melakukan pekerjaan yang sama diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan keterampilan bawahan.



  1. Tokoh: Frederik W.Taylor (1856-1915)
Kontribusi:
F.W.Taylor mendapat julukan sebagai bapak manajemen ilmiah. Menurutnya manajemen ilmiah timbul disebabkan karena adanya kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas. Dia mencari cara untuk meningkatkan efisiensi bawahan dengan kemudian menyusun sekumpulan prinsip yang merupakan inti dari manajemen ilmiah, yaitu:
1. pengembangan manajemen ilmiah yang benar sehingga dapat ditentukan metode terbaik untuk menghasilkan setiap tugas.
2. seleksi karyawan dengan cara ilmiah, sehingga setiap karyawan dapat diberi tanggung jawab atas tugas yang sesuai dengan keterampilannya.
3. pengembangan dan pendidikan karyawan dengan cara ilmiah.
4. hubungan kerja sama yang erat antara manajemen dan bawahan.




  1. Tokoh: Henry L. Gantt (1861-1919)
Kontribusi:
Rendahnya motivasi yang dicapai mengakibatkan Gantt meninggalkan system tariff upah diferensial untuk diubah menjadi satu inovasi baru berupa motivasi kerja kepada para bawahan. Motivasi kerja itu berupa:
1.      setiap pekerja yang menyelesaikan pekerjaannya diberi bonus $ 50 sen.
2.      mandor akan menerima bonus apabila seluruh pekerja dapat mencapai standart yang diinginkan.
Ia kemudian meneruskan ide Taylor dan memperkenalkan system bagan ( Chart Sistem) yang memuat tentang jadwal kegiatan karyawan.


Keterbatasan:
Pendapat ini memandang manusia sebagai suatu yang rasional, yang hanya dapat motivasi dengan pemuasan kebutuhan ekonomi dan fisik. Pendapat ini tidak memandang kebutuhan social karyawan. Dengan kata lain, pendapat ini mengabaikan frustasi dan ketegangan yang akan dialami oleh karyawan apabila mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan social mereka.
Di dalam aliran ini juga mengabaikan kebutuhan manusia untuk mendapatkan kepuasan dari hasil kerjanya.



  1. Tokoh: Frank. B. Gilberth (1868-1942)
Lilian M. Gilberth 91878-1972)
            Kontribusi:
            Pasangan ini bekerja sama mempelajari aspek kelelahan dan gerak oleh karena itu mereka mengembangkan suatu rencana tiga kedudukan untuk kenaikan jabatan yang dimaksud sebagai program pengembangan bawahan dan sekaligus mendorong moral kerja. Sesuai dengan rencana tersebut seorang bawahan harus menegerjakan saat itu juga, mempersiapkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi, dan melatih penggantinya, seluruhnya dalam waktu yang bersamaan.
Studi gerak dan waktu membawa kesadarn bahwa gerakan fisik dan alat yang terlibat dalam suatu pekerjaan dapat dibuat lebih logis dan efisien. Selain itu penekanan pada seleksi dan pengembangan ilmiah para bawahan memberi kesadaran betapa pentingnya kemampuan dan pelatihan untuk meningkatkan efektifitas bawahan. Sesuatu hal yang penting disumbangkan manajemen ilmiah berupa desain kerja, mendorong para manajer untuk mencari cara yang terbaik guna mengoperasikan suatu pekerjaan.



II.               Teori Organisasi Klasik

  1. Tokoh: Henry Fayol ( 1841-1925)
Kontribusi:
Fayol berpendapat bahwa praktik manajemen yang baik memiliki pola tertentu yang dapat diidentifikasikan dan dianalisis. Keyakinannya bahwa dengan peramalan ilmiah, metode manajemen yang tepat serta hasil yang memuaskan pasti akan diperoleh dan dapat diakui sampai saat ini. Pendapatnya manajemen bukanlah siatu bakat tetapi suatu keterampilan, oleh karena itu manajemen dapat diajarkan asalkan prinsip yang mendasarinya dipahami dan teori umum mengenai manajemen dirumuskan. Dengan demikian menjadi seorang bukan karena pembawaan tetaoi pelatihan dan  pengalaman memberikan andil yang besar.
Fayol merinci operasi perusahaan dalam 6 kegiatan yaitu:
1.      Teknis
2.      Komersial
3.      Keuangan
4.      Keamanan
5.      Akuntansi
6.      Manajerial
Diantara ke-6 kegiatan tersebut fayol memberi perhatian utama pada kegiatan manajerial, sebab ia berpendapat bahwa kemampuan manajerial merupakan aspek penting yang paling dibutukan dalam operasu perusahaan, sehingga, ia mendefinisikan manajemen dengan cara membagi 5 fungsi, yaitu:
1.      Perencanaan(Planning)
2.      Pengorganisasian( Organizing)
3.      Pemberian perintah (Commanding)
4.      Pengkoordinasian (Coordinating)
5.      Pengawasan ( Controlling)

Kesimpulannya bahwa kebutuhan akan kemampuan manajerial tergantung pada kedudukan manajer dalam hierarki dan besarnya organisasi, semakin tinggi posisi manajer dalam hierarki dan semakin besar organisasi yang dipimpinnya maka semakin tinggi kemampuan manajerial yang dibutuhkan.

14 prinsip penting yang dikemukakan oleh Fayol:
1. pembagian kerja
2. Otoritas
3. Disiplin
4. Kesatuan perintah
5. Kesatuan arah
6. pengutamaan kepentingan umum
7. Pengupahan
8. Pemusatan
9. Hierarki
10. Teratur
11. Keadilan
12. Kestabilan staff
13. Inisiatif
14. Semangat kelompok


Keterbatasan:
Prinsip-prinsip aliran ini hanya tepat apabila organisasi berada dalam lingkungan yang stabil dan dapat meramalkan lingkungan luar organisasi, padahal sekarang lingkungan luar organisasi sangat sulit untuk sekarang.




III.           Aliran Human Relations
  1. Tokoh: Hugo Munsterberg (1865-1916)
Kontribusi:
Sumbangan utamanya adalah penerapan psikologi dalam membantu peningkatan produksi melalui 3 cara yang dikemukakan dalam bukunya  psychology and Industrial Efficiency, yaitu:
1.      menemukan orang yang terbaik ( karyawan yang kualitas mentalnya terbaik untuk pekerjaan tersebut)
2.      menciptakan kondisi kerja yang baik
3.      menggunakan pengaruh psikologis untuk memotivasi karyawan



  1. Tokoh: Elton Mayo (1880-1949)
Kontribusi:
Elton Mayo terkenal dengan eksperimen tentang perilaku manusia dalam situasi kerja. Dalam eksperimennya ia menyimpulkan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras apabila mereka yakin bahwa manjemn memikirkan tentang kesejahteraan mereka dan para penyelia memberikan perhatian khusus kepada mereka. Mayo mengusulkan perlunya pelatihan yang lebih mendalam mengenai psikoligi, sosiologi dan antropologi serta menggunakan metode penelitian yang lebih canggih untuk menganalisis manusia dalam lingkungan kerja.
Dari eksperimennya disimpulkan bahwa konsep manusia rasioanal ( manusia hanya dapat dimotivasi dengan pemenuhan kebutuhan ekonomis) diganti dengan konsep manusia social( manusia dapat dimotivasidengan pemenuhan kebutuhan social elalui hubungan kerja)

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus