2013-05-04

Tanya Jawab 1


Nama               : Desy Kurniasari
NIM                : 14030111120013



1.   Mengapa koordinasi diperlukan dalam sebuah organisasi ?
Jawab :
Suatu koordinasi diperlukan dalam organisasi, karena  agar masing-masing bagian dari organisasi bekerja menurut semestinya dan tidak mengganggu bagian lainnya. Tanpa koordinasi yang baik maka suatu organisasi tidak akan berjalan dengan lancar, dikarenakan banyak nya orang yang tidak semestinya menjalankan tugasnya dan imbasnya bisa menggangu tugas anggota lainnya.
Contoh : dalam organisasi perusahaan, manajer dan karyawan memiliki bagian masing-masing dalam setiap tugasnya, dan apabila manajer atau karyawan tidak melakukan tugasnya sesuai bagian maka imbasnya akan berpengaruh pada perusahaan. Misal karyawan tidak bisa menyelesaikan bagian tugasnya, maka manajer disini akan turun tangan untuk membantunya, hal ini menyebabkan manajer tidak fokus pada bagian tugasnya karena terganggu dengan tugas karyawannya.

2.   Salah satu karakteristik organisasi adalah bersifat dinamis, jelaskan maksud tersebut ?
Jawab :
Organisasi memiliki karakter yang dinamis dikarenakan organisasi sebagai suatu sistem yang terbuka dan terus menerus mengalami perubahan. Organisasi harus selalu berubah dan menyesuaikan dengan keadaan lingkungannya yang senantiasa berubah mengikuti perkembangan zaman.
Sifat dinamis ini disebabkan karena faktor-faktor berikut :
§  Perubahan  ekonomi dan lingkungannya
Semua organisasi memerlukan sumber keungan untuk menjalankan aktivitasnya, maka dari itu kondisi ekonomi, dan lingkungan yang mendukung berjalannya aktivitas organisasi sangat mempengaruhi kehidupan organisasi.
§  Perubahan pasaran
Contoh : organisasi tekstil, mereka bergantung langganan yang menggunakan hasil produksi mereka, perubahan selera langganan juga akan membuat organisasi melakukan perubahan demi mencapai kepuasan pelanggan.
§  Perubahan kondisi sosial
Semua organisasi bergantung kepada bakat dan inisiatif manusia, maka dari itu organisasi harus menyesuaikan dengan kondisi sosial
§  Perubahan teknologi
Teknologi menjadikan organisasi melakukan perubahan karena dengan semakin berkembangnya teknologi maka organisasi akan semakin efektif dan efisien dalam melakukan aktivitasnya karena didikung dengan canggihnya teknologi.


3.   R. Wayne Pace dan Don F. faules mengklasifikasikan definsi komunikasi organisasi menjadi dua yakni definisi fungsional dan definisi interpretative. Jelaskan definisi tersebut !
Jawab :
·         Definisi fungsional komunikasi organisasi adalah sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan-hubungan hierarkis antara yang satu dengan yang lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkugan.
·          Definisi interpretative komunikasi organisasi adalah proses penciptaan makna atas interaksi yang menciptakan, memelihara, dan mengubah organisasi.
cenderung menekankan pada kegiatan penanganan pesan yang terkandung dalam suatu batas organisational.

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus